Memahami Modal Ventura: Kapan Menggunakannya dan Kelebihannya

Bisnis547 Dilihat


Setiap perusahaan yang sukses dimulai dari ide yang brilian, tapi ide terbaik pun tidak akan bisa menjadi besar tanpa modal. Perusahaan startup membutuhkan modal yang cukup agar bisa berangkat dari visi menjadi eksekusi. Bagi banyak pengusaha, modal ventura adalah pilihan modal yang paling tepat untuk mendukung perusahaan di tahap bertumbuh. 

Apa Itu Modal Ventura?

Modal ventura adalah entitas yang menawarkan pendanaan pada suatu perusahaan, pada umumnya di tahap awal pertumbuhan perusahaan tersebut, hingga mencapai tahap tertentu. Perusahaan yang dimodali biasanya hanya memiliki sedikit riwayat operasional, atau bahkan tidak memiliki riwayat sama sekali. 

Perusahaan yang baru dimulai ini menjual kepemilikannya kepada perusahaan modal ventura dengan imbalan berupa pembiayaan, dukungan teknis, dan keahlian manajerial. Investor modal ventura pada umumnya berpartisipasi di dalam manajemen dan membantu eksekutif perusahaan dalam mengambil keputusan yang mendorong terjadinya pertumbuhan. 

Pendiri startup biasanya memiliki keahlian di bidang bisnis yang mereka pilih, tapi mereka tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup untuk mengembangkan perusahaan. Investor dan ahli modal ventura justru spesialisasinya adalah mengembangkan perusahaan baru. 

Kapan Diperlukan?

Sumber : themarketingguardian.com

Kapan pebisnis pemula membutuhkan modal ventura? Berikut ini beberapa kondisi yang perlu mempertimbangkan penggunaan modal ventura:

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, modal ventura bukan hanya perupa biaya saja, tapi juga pengetahuan berupa strategi marketing dan pengembangan perusahaan. Saat perusahaan baru memiliki karyawan yang sangat terbatas dan tidak memiliki kemampuan memasarkan diri, maka mereka membutuhkan mentoring dari ahlinya agar tidak berjalan di tempat. 

Tujuan perusahaan tentu untuk berkembang. Masalahnya tidak semua pemilik bisnis punya modalnya dan tahu bagaimana cara mengembangkannya. Ekspansi bisnis membutuhkan biaya, keahlian, dan pengetahuan hukum yang baik. Di saat inilah perusahaan membutuhkan bantuan modal ventura. 

  • Di Tengah Kompetisi Bisnis Menguat

Saat posisi startup sudah cukup kuat, artinya sudah tidak perlu modal ventura lagi? Tidak juga. Saat perusahaan sudah semakin besar, biasanya akan berhadapan dengan kompetitor yang lebih banyak. Di saat ini, perusahaan yang belum berpengalaman juga butuh arahan agar bisa tetap bertahan di industri. 

  • Saat Akan Mengembangkan Modal

Semakin besar skala perusahaan, tentu membutuhkan modal yang lebih besar juga. Di saat inilah modal ventura juga dibutuhkan karena di dalam perusahaan modal ventura ada banyak investor yang mungkin ingin bergabung. 

Apa Bedanya Modal Ventura dengan Angel Investor?

Sumber : businessplantemplate.com

Modal ventura sering disamakan dengan angel investor, padahal keduanya sangat berbeda. Modal ventura berupa perusahaan yang memberikan modal di tahap awal dalam jumlah besar karena berasal dari berbagai sumber. Sedangkan angel investor adalah individu yang memiliki modal besar yang sangat siap dengan risiko tinggi. 

Perbedaan lainnya adalah modal ventura sangat terlibat dan berperan aktif di dalam manajemen untuk perkembangannya. Angel investor ada yang aktif, tapi ada juga yang lebih memilih untuk mendukung saja. 

Kelebihan Menggunakan Modal Ventura

Modal Ventura

Sumber : spectrum.ieee.org

Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan modal ventura bagi perusahaan baru:

  • Mendapat bantuan modal dalam jumlah besar
  • Mendapat pengetahuan dan bimbingan dari ahlinya
  • Mendapat koneksi luas yang bisa sangat berguna di masa depan. 

Jika memiliki ide bisnis yang brilian tapi belum punya modal, tak perlu khawatir. Dengan modal ventura, kita bisa tetap menjalankan bisnis kita, bahkan mendapatkan pengetahuan berbisnis yang akan sangat berharga ke depannya.




Bisnis