5 Ide Bisnis Kuliner Gerobak Kekinian

Bisnis297 Dilihat


Makanan dan minuman yang ditawarkan di gerobak selalu menarik, entah itu yang gayanya tradisional seperti yang digunakan pedagang kaki lima, atau yang modern sekalipun. Dengan persaingan yang begitu tinggi, lalu apa ide bisnis kuliner gerobak kekinian yang menarik? 

1. Minuman Boba

 

Sumber : thespruceeats.com

Ide yang pertama adalah minuman boba. Minuman ini masih jadi tren dan disukai banyak orang, terutama anak muda. Jadi kalau berencana berjualan dengan gerobak di area yang banyak anak mudanya, minuman boba adalah pilihan yang tepat. 

Sediakan menu dengan varian rasa yang berbeda-beda. Misalnya minuman boba dengan dasar rasa buah, minuman boba teh, kopi, coklat, dan lain-lain. Banyaknya pilihan rasa akan memudahkan pembeli memilih sesuai selera masing-masing. 

2. Es Krim

Es krim sebenarnya merupakan salah satu menu kuliner yang klasik kalau bicara soal gerobak dan food truck. Meski begitu, es krim tidak pernah terlihat kuno. Untuk terasa makin kekinian, kemas es krim dengan gaya yang lebih modern. Bisa juga menghadirkan gelato, es krim ala Italia yang bahan-bahannya segar. 

Supaya makin menarik, tambahkan dengan pilihan topping yang beragam. Misalnya coklat M&M’s, Oreo, biskuit, choco chip, dan aneka buah-buahan. Pembeli bisa memilih sendiri topping yang mereka suka sesuai selera. 

3. Snack Ala Korea 

Sumber : Blogspot

Yup, semua yang berbau Korea memang sedang tren, termasuk kulinernya. Beberapa camilan ala Korea ini cara membuatnya cukup mudah, jadi bisa cepat dipelajari dan dikuasai sebelum berjualan. Siapa yang tidak suka dengan kenyalnya kue beras tteokbokki yang pedas dan bisa disajikan dengan lelehan keju? Selain itu ada juga dakkochi yang mirip sate ayam, atau mandu yang mirip pangsit. 

Kalau lebih suka cemilan yang manis, pilihannya juga beragam. Ada jjinppang, roti dengan isian kacang merah yang disajikan hangat. Ada juga bungeo-ppang, kue yang dicetak berbentuk ikan berisi kacang merah. Supaya lebih modern, isiannya bisa diganti dengan coklat, krim vanila, atau Nutella. 

4. Bakso dan Mie

Dua jenis makanan ini selalu banyak peminatnya di Indonesia. Ada yang menganggapnya sebagai makanan utama, ada juga yang menganggapnya sebagai sekedar camilan. Yang pasti, bakso akan selalu dilirik. 

Tambahkan dengan varian rasa yang variatif, misalnya yang tidak pedas, pedas, dan super pedas, supaya bisa memenuhi selera banyak pembeli. Sediakan kemasan yang modern, higienis, dan mudah dibawa-bawa supaya makin menarik. 

5. Gorengan

Sumber : fanpage.it

Siapa yang bisa menolak gorengan? Hampir semua orang Indonesia suka aneka gorengan dan selalu laku di mana-mana. Jadi kenapa tidak bisa dijual di gerobak kuliner kekinian? Entah itu di gerobak lipat modern atau di gerobak motor modern, gorengan yang terkesan biasa saja bisa terkesan lebih menarik. 

Selain tahu, singkong, bakwan, dan tempe, ada juga jenis gorengan lain yang banyak peminatnya, yaitu cakwe dan kue bantal. Kedua jenis gorengan ini biasanya dijual secara bersamaan. Kue bantal bisa diisi dengan kacang hijau, coklat, keju, dan pisang. Tapi pastikan tetap ada versi orisinalnya yang tanpa isi. 

Masih banyak lagi ide bisnis kuliner yang bisa dijual di gerobak kekinian dan bakal disuka semua kalangan. Berjualan dengan gerobak selalu menarik karena dianggap harganya terjangkau. Bagi pengusaha, gerobak juga bisa dijadikan cara branding yang ampuh, karena gerobaknya bisa di desain sedemikian rupa agar menonjolkan brand.




Bisnis