Tipe dan Genre Mobile Game Paling Populer untuk Bisnis

Bisnis261 Dilihat


Mobile game menyumbangkan sekitar 52% penghasilan di antara industri video game tahun 2023. Perkembangan industri video game makin besar karena kesuksesannya memasuki mobile game dan dimainkan dengan koneksi internet. Bahkan video game terlepas dari bingkai hiburan dan digunakan di sektor lainnya seperti pendidikan, bisnis, bahkan layanan kesehatan. Ini membuktikan bahwa game ada manfaatnya dan membuat sesuatu yang dianggap membosankan justru jadi menyenangkan. Kuncinya adalah menemukan tipe dan genre mobile game yang tepat. Simak ulasannya

Tipe Mobile Game Paling Populer untuk Bisnis

Jenis mobile game sekarang sangat beragam. Bentuknya mulai dari kuis, puzzle, merge game, RPG, clicker, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Lalu jenis mobile game apa saja sih yang sering digunakan dalam bisnis? Salah satunya adalah clicker game sering juga disebut idle game. Ini adalah game yang sering dianggap sebagai game pengisi waktu luang.

Idle game merupakan permainan yang tidak membutuhkan keterlibatan pemain dan tetap bisa berjalan di latar belakang. Jadi, walaupun kita keluar dari aplikasi idle game, bisa tetap aktif meskipun kita membuka aplikasi lainnya. 

Idle game populer karena ada progres yang terlihat tanpa membutuhkan banyak usaha dari pemain. Ada tujuan yang jelas untuk mencapai level tertentu. Di level yang paling simpel, banyak orang yang merasa terhibur hanya dengan melihat angka yang bertambah. 

Elemen yang Membuat Idle Game Berkualitas

Idle game biasanya mudah dimainkan, jadi siapa pun bisa memainkannya. Biasanya langkah pertamanya cukup klik atau ketuk layar saja. Setelah itu, pemain hanya perlu klik layar secara terus-menerus. Hasil klik ini nanti akan dijumlahkan dalam semacam mata uang yang berlaku di dalam game itu atau dalam bentuk koin. 

Supaya seru, idle game harus ada elemen membeli item. Jadi pemain punya keinginan untuk mengumpulkan poin supaya bisa membeli produk di dalam game tersebut. Makin menarik produk yang ditawarkan, makin besar keinginan pemain untuk terus mengumpulkan item. Jadi mereka akan tetap kembali main game tersebut. 

Elemen selanjutnya yang harus ada di idle game adalah level kesulitan. Makin lama dimainkan, seharusnya pemain bisa naik level ke tingkat kesulitan atau hadiah yang lebih lagi. Tanpa level kesulitan, idle game akan membuat permainan cepat membuat bosan. 

Berikan Hadiah untuk Pemain yang Kembali

Sumber : Pinterest

Tiap orang suka diberi hadiah. Bahkan saat kembali masuk ke aplikasi idle game tersebut, sebaiknya berikan reward tertentu. Hadiahnya bisa berupa koin atau mata uang yang digunakan di aplikasi idle game tersebut. Dengan begitu, tiap kali masuk ke aplikasi sudah dapat hadiah yang bisa dikumpulkan dan akan menguntungkan ke depannya. 

Lengkapi dengan Mekanisme yang Menarik

Desain idle game harus kuat dan menarik supaya permainan jadi menarik. Tapi tak cukup hanya desainnya saja, mekanisme game juga harus dibuat seru supaya pemain ingin kembali main lagi. Tanpa mekanisme yang menarik, pemain hanya akan mengambil hadiah sedikit lalu selesai. Mereka tidak akan kembali main lagi.

Ada Fitur Restart

Sumber : interfaceingame.com

Biasanya, pemain idle game tidak terlalu ingin menggunakan fitur restart karena artinya mereka harus mengulang lagi dari awal. Semua pencapaian klik yang sudah lalu hilang. Tapi bagaimanapun juga ada kalanya fitur restart dibutuhkan karena satu dan lain hal. Kebanyakan idle game yang terkini biasanya menyediakan restart.




Bisnis