Content Gap Analysis: Definisi, Tipe, dan Kenapa Itu Penting

Bisnis304 Dilihat


Content gap analysis atau analisis kesenjangan konten merupakan jenis riset pasar yang penting bagi bisnis karena dapat menemukan peluang yang mungkin terlewat, padahal dapat meningkatkan pemasaran konten. Lalu apa sih sebenarnya content gap analysis itu dan kenapa itu penting?

Apa Itu Content Gap Analysis?

Content gap analysis adalah proses mengevaluasi topik konten untuk menentukan apakah ada peluang untuk membahasnya dengan lebih baik. Menemukan kesenjangan ini dan memperbaikinya akan mencapai hasil yang lebih baik untuk strategi konten. Audience pun akan menilai konten brand jadi lebih baik. 

Menerapkan analisa gap konten melibatkan evaluasi keyword, format, kualitas, dan pesan seputar topik tertentu, lalu membandingkannya dengan konten kompetitor. Content gap analysis dapat membantu brand untuk mengidentifikasi topik-topik yang sudah dibahas kompetitor tapi belum dibahas brand kita dengan baik atau bahkan belum dibahas sama sekali. 

Tipe Content Gap Analysis

Sumber : writecream.com

Tipe content gap analysis yang biasa dilakukan di antaranya adalah:

Kekinian

Konten yang sudah tidak akurat atau tidak relevan dapat menimbulkan kesenjangan yang signifikan. Informasi terkini sangatlah penting, terutama dalam industri yang berkembang pesat. Jika tanggal publikasi konten sudah lebih dari 2 tahun yang lalu, ada baiknya segera menyegarkan konten. 

Ketelitian

Mungkin di dalam konten ada sub topik yang sebenarnya penting tapi tidak dibahas. Atau mungkin dibahas tapi sangat sedikit. Mengisi gap ini dapat menjadikan konten brand menjadi sumber yang bermanfaat. 

Keterbacaan

Konten harus menarik dan mudah dibaca. Dengan memastikan konten brand jelas, terstruktur dengan baik, dan mudah dicerna, maka orang akan lebih mudah menemukannya di mesin pencarian dan bisa menjangkau lebih banyak target pasar. 

Format

Sesuaikan format konten dengan maksud penelusuran di mesin pencarian. Terkadang maksud penelusuran adalah untuk menunjukkan format tertentu, misalnya video. Tapi hasil pencarian hanya memberikan hasil postingan blog yang berupa teks. Menyediakan format yang sesuai dengan maksud pencarian akan meningkatkan peluang konten lebih tinggi di Google. 

Ditulis oleh Ahli

Konten yang ditulis atau dikontribusikan oleh ahli memiliki bobot yang lebih baik bagi audience. Jadi pertimbangkan untuk memasukkan sudut pandang ahli dalam konten brand untuk mendapatkan konten yang kredibel. 

Kenapa Penting?

Content Gap Analysis

Sumber : searchenginejournal.com

Mengevaluasi analisa konten gap sangat efektif dalam membantu menyempurnakan konten dan strategi keyword untuk memenuhi kebutuhan target audience brand dan dapat meningkatkan hasil di mesin pencarian. Ini dia alasan kenapa content gap analysis penting dilakukan:

1. Membuat Konten Lebih Baik dan Cepat

Melakukan riset pasar dapat membantu mengidentifikasi ide konten yang mungkin belum dipertimbangkan sebelumnya dan mengevaluasi mana ide yang paling mungkin berhasil. Dengan begitu, dapat menghemat waktu dan tenaga dalam membuat konten yang lebih baik.

2. Bisa Terus Meningkat 

Meninjau kembali konten secara teratur akan membantu brand membuat konten yang lebih meningkat kualitasnya dari waktu ke waktu. Topik yang dipilih seharusnya lebih relevan lagi bagi audience, lebih detail, wawasannya lebih banyak, dan mungkin bisa menambah pendapat dari ahli. 

3. Membuat Konten yang Lebih Kuat

Membahas topik secara menyeluruh di berbagai konten memungkinkan kita untuk membuat konten yang lebih kuat, karena menggunakan sumber daya yang mendalam. Konten yang kuat mampu mempertahankan pengguna di situs karena mereka mendapatkan situs yang berguna.




Bisnis