Strategi yang Tepat untuk Multi Location Marketing

Bisnis379 Dilihat


Multi location marketing adalah strategi yang digunakan untuk menjalankan bisnis yang sama di lokasi geografis yang berbeda. Bisnis di lokasi yang berbeda membutuhkan strategi digital marketing yang bisa diterima di setiap lokasi, tapi tetap bisa mempertahankan posisi sebagai brand nasional. Konsumen sekarang cenderung riset dulu via online saat membutuhkan sesuatu. karena itu, sangat penting untuk memiliki strategi marketing yang efektif dan cocok digunakan di berbagai lokasi. Lalu apa strategi yang tepat multi location marketing?

Strategi Terbaik untuk Multi Location Marketing

1. Buat Pedoman yang Jelas dan Implementasikan di Tiap Lokasi

Sangat penting bagi sebuah brand untuk membuat pedoman yang berlaku secara nasional. Untuk membangun bisnis dengan multi lokasi yang berkesan di tengah masyarakat dan kompetitor dan bisa sukses, citra brand dan loyalitas yang konsisten harus bisa didapatkan. Karena itu, lokasi yang berbeda-beda seharusnya tidak mempengaruhi image brand tersebut. 

2. Buat Pembeli Regional Tertarik  

Diskusikan dengan tim beberapa pertanyaan di bawah ini di tiap lokasi bisnis:

  • Siapa konsumen lokal produk kita?
  • Apakah ada masalah yang dihadapi konsumen lokal?
  • Apa yang bisa dilakukan bisnis kita untuk mengatasi masalah konsumen lokal ini?
  • Apakah ada acara regional, tim atau landmark yang bisa digunakan perusahaan untuk membuat pesan promosi kita terasa lebih personal di tiap lokasi?

Dengan menjawab keempat pertanyaan di atas, kita akan lebih mengenal siapa konsumen kita. Tak hanya itu saja, tapi kita juga bisa mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen kita saat ini dan apa yang bisa ditawarkan perusahaan. Ke depannya mungkin perusahaan bisa hadir dengan solusi yang lebih baik. 

3. Lakukan Penelusuran Lokal dengan Sangat Menyeluruh

Sumber : getfoundquick.com

Supaya meraih kesuksesan, sebuah bisnis tentu harus melakukan riset terlebih dahulu. Saat ini, cara untuk menjalankan riset sudah lebih dipermudah dengan menggunakan bantuan berbagai tools seperti Google My Business, Bing Local, Yahoo! Local, Yelp, dan beberapa tools lainnya yang bisa membantu. 

Riset juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Informasi yang tidak akurat atau tidak tepat bisa membuat calon konsumen bingung dan membuat ranking pencarian terhadap bisnis kita jadi lebih rendah. 

4. Terlibat dalam Aktivitas di Komunitas Lokal

Jika ingin terlibat dalam bisnis yang lokasinya berbeda-beda dan ingin sukses di semua lokasi, maka tiap bisnis harus beradaptasi dengan kebiasaan masing-masing. Promosi di lokasi A mungkin berhasil, tapi di lokasi B belum tentu, karena setiap lokasi mungkin kebiasaannya berbeda. 

Karena itu, bergabung dengan aktivitas yang dilakukan oleh komunitas setempat akan sangat membantu. Carilah komunitas apa yang sedang berkembang di lokasi bisnis satu-persatu. Ikuti komunitas yang paling sesuai dengan brand kita dan coba hubungi komunitas tersebut untuk diajak bekerja sama. 

5. Bangun Strategi Marketing Lokal di Tiap Lokasi

Sumber : istockphoto.com

Sangat disarankan untuk memiliki tim marketing yang berasal dari tiap lokasi. Biasanya mereka akan lebih memahami apa yang baik bagi lokasi tersebut, dibandingkan dengan orang yang tidak berasal dari sana. Tim yang memahami lokasi akan mengurangi stres dan tidak akan membuang banyak waktu pula. 

Jadi mulailah bentuk tim yang terdiri dari para karyawan lokal. Pastikan mereka kompeten untuk posisi masing-masing dan mulailah membangun strategi marketing lokal untuk setiap lokasi di mana bisnismu dibuka. 




Bisnis

Baca Juga  Ini Dia 5 Ide Bisnis Ramah Lingkungan Yang Menarik