Strategi Equity Financing dalam Bisnis

Bisnis247 Dilihat


Equity financing merupakan sebuah cara untuk mendapatkan dana dengan cara menjual sebagian saham dalam bisnis ke investor atau pemegang saham eksternal. Adapun cara untuk mendapatkan dana ini adalah dengan mengajak pihak lain untuk melakukan investasi dalam bisnis kamu dan memberi mereka sebagian saham sebagai imbalan. Cek juga strategi Equity Financing disini..

Penawaran Umum Perdana

Strategi equity financing yang pertama ini melibatkan penjualan saham perusahaan ke publik melewati pasar saham. Sebuah perusahaan yang ingin mendapatkan dana ekuitas melalui IPO nantinya bakal bekerja sama dengan penjamin emisi untuk menjual saham ke investor.

Sementara itu, IPO ini umumnya digunakan oleh perusahaan yang sudah meraih pertumbuhan yang signifikan dan ingin mengakses pasar modal.

Penawaran Saham Swasta

Salah satu strategi equity financing dalam bisnis ini adalah dengan cara perusahaan menjual sahamnya ke individu secara privat atau investor institusi tanpa melewati proses penawaran umum. Selain itu, penawaran saham swasta ini bakal memberikan fleksibilitas dalam struktur kepemilikan dan syarat regulasi.

Bukan cuma itu, strategi ini juga memungkinkan perusahaan dapat menjalin kerjasama lebih erat dengan investor yang nanti dipilih secara selektif, ya.

Pendanaan Ventura

Sumber : givingcompass.org

Strategi equity financing dalam bisnis lainnya ini yaitu pendanaan ventura melibatkan investor profesional atau perusahaan yang memang sudah menyediakan kepada perusahaan berpotensi tinggi. Perusahaan yang dimaksud seperti perusahaan baru atau startup yang sedang dalam tahap perkembangan.

Biasanya, investor ventura ini pun mendapatkan saham perusahaan dan memberikan dukungan berupa finansial, sumber daya, serta keahlian manajemen untuk mempermudah perusahaan dapat tumbuh dengan cepat, nih.

Pembiayaan Privat Equity

Ada juga strategi equity financing dalam bisnis selanjutnya pembiayaan privat equity yang melibat investor institusi atau individu yang membeli saham perusahaan yang sudah mapan atau memiliki tingkat keberhasilan yang baik.

Seringkali, pembiayaan privat equity ini dimanfaatkan dalam transaksi pengambilalihan atau restrukturisasi perusahaan. Selain itu, investor private equity ini pun bakal memberikan dana dan keahlian manajemen agar perusahaan terbantu untuk mencapai pertumbuhan atau meningkatkan hasil yang lebih baik lagi, ya.

Crowdfunding

Sumber : conceitos.com

Berikutnya, strategi equity financing dalam bisnis ini yakni crowdfunding yang melibatkan partisipasi banyak individu atau investor kecil yang menyumbangkan dana menjadi bentuk ekuitas perusahaan. Dari platform crowdfunding ini, perusahaan bisa mendapatkan dana dari beberapa investor kecil yang tertarik dengan produk yang ditawarkan atau ide bisnis tersebut, ya.

Program Saham Karyawan

Strategi equity financing lainnya dalam bisnis adalah program saham karyawan, yang mana melibatkan pemberian saham untuk karyawan sebagai bentuk insentif atau kompensasi. Melalui kepemilikan saham, karyawan pun mempunyai hak langsung dalam kesuksesan perusahaan tersebut. Selain itu, mereka juga bisa memotivasi karyawan untuk memberikan kontribusi maksimal.

Tentu aja, pemilihan strategi equity financing dalam bisnis ini yang tepat juga bergantung pada beberapa hal, antara lain adalah kebutuhan perusahaan, situasi pasar, dan tujuan jangka panjang pada perusahaan. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk melakukan analisis, mengenal investor potensial, serta mempertimbangkan implikasi jangka panjang dari strategi yang dipilih, nih.

Kamu juga harus tahu kalau pendanaan equity financing ini merupakan cara penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Tentu aja, pendanaan ekuitas ini memiliki manfaat, salah satunya yaitu akses ke dana yang lebih besar. Kamu bisa pelajar strategi equity financing lainnya agar lebih paham dan jelas, ya.




Bisnis