Mengenal Tipe-Tipe Pelayanan Dalam Bisnis Kuliner

Bisnis135 Dilihat


Pernahkah kamu pergi ke restoran cepat saji untuk membeli burger, namun ternyata restoran tersebut menggunakan meja prasmanan? Terasa janggal, bukan? Ternyata dalam berbisnis makanan dan minuman, atau lumrah disebut F&B, kita juga perlu menentukan tipe pelayanan dalam bisnis kuliner apa yang digunakan.

Yang dimaksud layanan di sini adalah bagaimana cara kita menyajikan makanan dan minuman kepada pembeli. Prasmanan merupakan salah satu dari tipe servis tersebut. Kira-kira ada tipe apa lagi ya? Mari kita bahas!

Seberapa Penting Menentukan Jenis Layanan dalam Bisnis F&B

Jika ditanya seberapa penting menentukan jenis layanan dalam bisnis F&B, maka jawabannya adalah sangat penting. Hal itu dikarenakan pemilik usaha bisa menyederhanakan aktivitas restoran, menghemat waktu dalam memproses pesanan dan uang karena potensi kesalahan manusia dan kehilangan pelanggan.

Dalam bisnis yang bergerak cepat seperti restoran, sangatlah penting untuk tetap terorganisir, terutama pada saat-saat tersibuk tanpa mengurangi kualitas layanan.

6 Tipe Layanan Dalam Bisnis Kuliner 

Bisnis F&B: Definisi, Tipe, dan Tips Memulai

Sumber : esb.id

1. Table Service

Tipe layanan ini yang paling umum ditemui di restoran mewah. Sesuai namanya, layanan ini dilakukan di meja pelanggan. Seorang pelayan akan datang dan mencatat pesanan yang diinginkan. Biasanya menu makanan dan minuman sudah tercatat rapi dalam daftar menu.

2. Self Service

Layanan ini juga disebut dengan buffet, dan lebih dikenal dengan nama prasmanan. Sesuai namanya “self”, pelanggan memilih dan mengambil sendiri makanan atau minuman yang mereka inginkan. Jadi makanan telah matang dan disusun rapi di atas meja.

3. Counter Service 

Sedikit berbeda dengan self service, layanan counter mengharuskan pelanggan untuk memesan makanan dan minuman yang diinginkan ke meja pelayan (counter). Biasanya menu yang disediakan adalah menu cepat saji. Jadi makanan hanya perlu dimasak atau dibuat dalam waktu singkat.

4. Take Away Service 

Take away atau dibungkus menjadi pilihan populer saat ini. Mengingat banyaknya orang yang sibuk dan tidak sempat duduk menikmati hidangan di meja resto. Tipe layanan ini menjadi layanan tambahan yang ditawarkan restoran, baik tradisional maupun cepat saji. Bahkan untuk memudahkan layanan ini, ada juga resto yang menerapkan sistem drive thru. 

5. Gueridon Service 

Jenis layanan ini terdengar baru di telingamu? Namun, kemungkinan besar kamu pernah melihatnya di televisi, atau bahkan mengalaminya sendiri. Jenis layanan ini cukup unik karena mengedepankan aksi seorang koki yang memasak di depan pelanggan.

6. Room Service 

Layanan ini jelas berbeda dari yang sebelum-sebelumnya. Room service diterapkan di sektor bisnis akomodasi, seperti penginapan atau hotel. Seperti namanya, layanan ini menghadirkan makanan dan minuman langsung ke kamar pelanggan. Pelanggan hanya perlu menghubungi room service melalui telepon.

Memilih Tipe Layanan yang Tepat untuk Bisnis Kuliner

Food and Beverage Service: Penjelasan Definisi Hingga Tugas-Tugasnya -  GreatDay HR

Sumber : greatdayhr.com

Jika kamu berniat membuka bisnis kuliner, kamu harus menentukan dulu konsepnya. Selain menu makanan, kamu wajib memilih tipe layanan yang mana yang sesuai untuk bisnismu. Kamu bisa melihat dari menu makanan yang disajikan, lokasi, dan skala bisnisnya.

Misalnya kamu ingin berjualan seblak di kios kecil di area kos-kosan mahasiswa, maka skala bisnismu termasuk kecil dan target konsumenmu adalah anak muda. Oleh karenanya, kamu bisa memilih layanan tipe counter service, yang juga dilengkapi dengan take away service.

Contoh lain, kamu memiliki keahlian baking, dan mulai merintis bisnis kecilmu. Kamu bisa membuka stand kecil di pinggir jalan dan hanya fokus pada layanan take away. Kue-kue yang telah siap saji, bisa kamu pajang di meja dan biarkan para pelanggan membeli untuk dibawa pulang.

Setiap tipe layanan memiliki keunikannya masing-masing. Tidak ada layanan yang baik dan buruk. Semuanya tergantung pada menu makanan dan skala bisnis kulinermu. Jadi, bagaimana, tipe layanan manakah yang paling cocok untukmu?




Bisnis