Manfaat Menghitung Customer Lifetime Value pada Bisnis

Bisnis236 Dilihat


Customer Lifetime Value atau disingkat CLV adalah jumlah berharganya konsumen bagi sebuah merek selama dia menjadi pembeli. Harus kamu ingat juga CLV ini dapat melacak nilai konsumen dari pembelian awal sampai saat ini. Tentu aja, perhitungan Customer Lifetime Value ini memiliki beberapa manfaat bagi bisnis. Kamu bisa simak manfaat menghitung CLV pada bisnis di bawah ini.

Meningkatkan Retensi Pelanggan

Manfaat pertama dari menghitung Customer Lifetime Value ini adalah mampu meningkatkan retensi pelanggan, sehingga terhindar dari masalah dengan pelanggan. Adapun cara untuk meningkatkan retensi ini bisa dilakukan dengan segmentasi pelanggan, dengan begitu kamu bisa mengenal pelanggan dengan baik.

Meningkatkan Pembelian Kembali

Selain itu, manfaat lain dari Customer Lifetime Value ini yaitu dapat melacak jumlah rata-rata kunjungan pelanggan pada merek kamu selama satu tahun atau selama periode hidup pelanggan. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan data yang ada, dengan begitu hal ini memudahkan kamu untuk menyusun strategi untuk meningkatkan pembelian kembali pada usaha kamu.

Menghasilkan Keuntungan yang Optimal

Sumber : darden.virginia.edu

Berikutnya, manfaat menghitung Customer Life time Value pada bisnis ini adalah bisa menghasilkan keuntungan yang optimal. Hal ini berlaku jika nilai Customer Lifetime Value yang didapatkan berjumlah tinggi, maka bakal menghasilkan profit dengan hasil yang lebih optimal lagi, loh.

Jadi, saat kamu mempertahankan pelanggan lebih lama sekaligus membangun merek kamu menjadi lebih baik. Pastinya, kamu bakal mendorong pelanggan agar bisa berbelanja produk kamu dengan nilai yang lebih banyak lagi.

Memudahkan Kamu Mengelompokkan Pelanggan Potensial

Manfaat selanjutnya menghitung Customer Life time Value ini yaitu kamu dapat mengenal pelanggan menjadi lebih mudah lagi, nih. Maka dari itu, dengan cara ini kamu dapat mengelompokkan mereka secara potensial pada bisnis yang kamu jalankan. Hal ini juga berguna bagi kamu untuk menyusun strategi yang tepat untuk mendapatkan hati pelanggan di kelompok tersebut, loh.

Memudahkan Pengambilan Keputusan

Sumber : mas-software.com

Menariknya, manfaat dari menghitung Customer Lifetime Value ini pada bisnis yakni dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai pelanggan serta keuntungan yang bisa mereka berikan pada merek kamu.

Maka dari itu, dari manfaat ini kamu bisa mengambil keputusan strategis yang berhubungan dengan alokasi SDM, anggaran marketing, serta merancang strategi retensi pelanggan yang efisien dan efektif, ya. Dari sinilah kamu bisa tahu aspek bisnis apa yang harus ditingkatkan, nih.

Bukan cuma itu, menghitung Customer Life time Value ini pun dapat membantu kamu mengetahui loyalitas pelanggan terhadap merek yang kamu punya. Bahkan dari menghitung Customer Life time Value ini kamu bisa membuat pelanggan melakukan pembelian ulang secara otomatis, dengan begitu perusahaan kamu bisa meminimalisir biaya promosi, deh.

Cara Menghitung Customer Lifetime Value

Selain mengetahui manfaat menghitung Customer Life time Value pada bisnis, kamu juga harus tahu cara menghitungnya. Salah satunya adalah dengan mengambil rata-rata total pengeluaran pelanggan, lalu dikalikan dengan frekuensi pembelian rata-rata. Kamu bisa lihat rumusnya juga disini:

CLV= Rata-Rata Nilai Transaksi x Jumlah Transaksi selama Satu Tahun x Waktu Retensi Per Pelanggan.

Jadi, dengan mengetahui manfaat menghitung Customer Life time Value ini, kamu bisa memperkirakan pendapatan bisnis nantinya. Memang menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan nggak semudah yang dibayangkan. Tapi, kamu bisa mempelajarinya dan seiring berjalannya waktu bakal lebih terbiasa dalam menghadapi pelanggan, deh.




Bisnis