Ide Konten Untuk Bisnis Kuliner

Bisnis117 Dilihat


Mempromosikan bisnis melalui berbagai platform media sosial saat ini sudah seperti kewajiban bagi para pemilik bisnis, tak terkecuali bisnis kuliner. Media sosial yang populer pun menjadi targetnya seperti TikTok dan Instagram. Namun, membuat konten di platform media sosial untuk ajang promosi produk ternyata tidak selalu mudah. Nah, untuk membantumu mengelola konten promosi, berikut beberapa ide konten untuk bisnis kuliner yang bisa kamu terapkan!

1. Konten Foto atau Video yang Menunjukkan Produkmu Secara Langsung

Konten ini bertujuan untuk menggugah selera konsumen. Foto atau video yang diambil harus menarik secara visual, baik dari pencahayaan ataupun sudut pengambilan. Misalnya foto close-up yang menunjukkan merahnya sambal atau warna warni topping es krim. Intinya tonjolkan detail produkmu yang kemungkinan besar mampu membuat orang tergiur untuk mencobanya!

2. Konten Video Behind The Scene

Terkadang orang lebih tertarik membeli makanan karena melihat dapurnya. Kamu bisa menggunakan ide ini untuk menunjukkan proses memasak makananmu, sekaligus menunjukkan pada konsumen bahwa dapurmu bersih dan rapi. Dengan menunjukkan bahwa kamu peduli tentang kebersihan tempat dan alat masak akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada bisnismu.

3. Konten Foto dengan Human Touch

Food Culinary Images - Free Download on Freepik

Sumber : Freepik

Foto ala-ala model sambil memegang produk makanan atau minuman juga cukup populer saat ini. Misalnya saja foto seseorang yang menutupi wajahnya dengan segelas kopi dengan memperlihatkan dengan jelas nama brand pada gelas kopinya.

4. Konten Foto atau Video Tentang Suasana

Latar belakang foto atau video juga bisa kita manfaatkan sebagai ajang promosi, lho! Misalnya saja produk makananmu cocok dikonsumsi selagi hangat, maka kamu bisa mengambil foto atau video dengan suasana hujan atau area pegunungan, sebagai latar belakang. Kamu hanya perlu menambahkan kata-kata menarik di samping produk makananmu!

5. Konten Foto Ekspresi Orang

Morning Culinary Creation Images - Free Download on Freepik

Sumber : Freepik

Jika kamu ingin menunjukkan bahwa makananmu memiliki cita rasa yang kuat, misalnya pedas, maka kamu bisa menunjukkan ekspresi orang yang berkeringat dan merasa kepedasan. Atau kamu ingin mempromosikan aroma produk kopimu yang harum, maka kamu bisa menampilan ekspresi orang yang tersenyum rileks sembari menghirup aroma secangkir kopi.

6. Konten Edukasi Produk

Tak selalu harus menonjolkan foto atau video produk, kamu juga bisa memanfaatkan teknik story telling untuk mengedukasi konsumen tentang asal usul produkmu. Misalnya, produk yang dijual adalah makanan ala korea, maka kamu bisa menambahkan informasi tentang bahan yang digunakan, dari mana makanan tersebut berasal, serta kapan biasanya makanan tersebut disajikan. 

7. Konten Games atau Giveaway

Page 2 | Template gaming Vectors & Illustrations for Free Download | Freepik

Sumber : Freepik

Interaksi dengan follower menjadi salah satu poin penting dalam membuat konten di sosial media. Untuk meningkatkan traffic pengunjung akunmu, kamu bisa sesekali membuat games atau giveaway. Kamu bisa memberikan pertanyaan, bisa berhubungan atau tidak berhubungan dengan produkmu, dan kamu menjanjikan giveaway berupa merchandise toko atau voucher potongan pembelian. 

8. Konten Berisi Promo

Selain giveaway, kamu juga bisa memberikan promo khusus untuk hari tertentu. Misalnya saja Promo Beli 1 Gratis 1 khusus di hari Jumat, atau diskon 10% untuk pembelian di jam-jam tertentu. Jika kamu mau menampilkan promo beli 1 gratis 1 dalam bentuk foto, misalnya, maka pastikan dua produk tersebut masuk dalam satu frame agar pesan lebih jelas tersampaikan.

9. Konten Soft Selling Dengan Menampilkan Suasana Resto

Restaurant Images - Free Download on Freepik

Sumber : Freepik

Selain menunjukkan produk, kamu juga bisa menampilkan foto atau video suasana lokasi usahamu. Misalnya, foto yang menunjukkan karyawan sedang menyajikan makanan, foto suasana warung makan kamu yang estetik, atau bisa juga video yang menunjukkan keramahan dan keakraban antar karyawan resto.

10. Konten Video Berisi Testimoni

Kamu bisa meminta salah satu atau beberapa pelangganmu untuk meluangkan waktunya memberikan testimoni tentang produk makanan atau minumanmu. Orang cenderung membeli suatu produk setelah melihat review dari orang lain. Dengan beberapa testomi dari konsumenmu, kamu bisa mendatangkan calon konsumen baru!




Bisnis