Branding vs Marketing, Apa Bedanya?

Bisnis428 Dilihat


Saat mempromosikan produk atau layanan, terkadang masih ada yang kebingungan apa bedanya branding vs marketing. Bahkan masih banyak yang menyangka kalau keduanya sama saja. Supaya lebih paham, simak perbedaannya di bawah ini.

Definisi Branding

Marketing and promotional campaign. brand awareness building. branded workshop. workshop organized by brand, useful marketing event concept.

Sumber : Freepik

Branding adalah aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan identitas yang unik bagi perusahaan atau produk secara spesifik. Ini melibatkan pembuatan dan pengembangan nama, logo, tagline, dan citra secara keseluruhan. Dengan begitu, target konsumen akan mendapat gambaran apa yang membedakan sesuatu dengan pesaingnya. 

Tujuan branding adalah untuk menciptakan kesan positif di benak pelanggan, sehingga dapat membantu membangun loyalitas sekaligus meningkatkan penjualan. Branding yang sukses akan membuat target konsumen langsung terpikir tentang produk kita saat menyebutkan jenisnya.

Definisi Marketing

Marketing illustartion concept idea of business growth and media

Sumber : Freepik

Di sisi lain, marketing adalah aktivitas mempromosikan suatu produk atau layanan ke konsumen yang potensial. Kegiatannya melibatkan strategi seperti taktik beriklan, public relations, dan promosi penjualan. Tujuan marketing adalah untuk menghasilkan prospek, membangun awareness terhadap produk atau layanan, dan pada akhirnya mendorong jumlah penjualan. 

Perbedaan Utama Branding vs Marketing

Branding vs Marketing

Sumber : brandingmarketingagency.com

Berikut ini beberapa perbedaan utama antara branding dan marketing:

  1. Branding adalah proses menciptakan identitas unik untuk suatu perusahaan atau produk. Sedangkan marketing adalah proses mempromosikan produk atau layanan kepada calon konsumen. 
  2. Branding fokusnya pada pembuatan citra dan reputasi yang positif bagi perusahaan atau produk. Sementara itu, marketing fokusnya pada menghasilkan prospek dan mendorong penjualan agar meningkat. 
  3. Pencitraan merek dalam branding merupakan proses jangka panjang yang melibatkan pembangunan identitas merek agar jadi kuat, hasilnya mungkin didapat dalam jangka pendek, tapi bisa juga dalam jangka panjang. Sedangkan marketing dapat berupa kampanye jangka pendek yang fokusnya untuk mendapatkan hasil secara langsung. 
  4. Branding lebih kepada aktivitas yang dapat membangun hubungan emosional dengan pelanggan. Sementara itu, marketing lebih kepada aktivitas untuk menyediakan informasi tentang suatu produk atau layanan yang ditawarkan. 
  5. Branding sebuah perusahaan atau merek melibatkan membuat pesan yang sifatnya konsisten ke seluruh channel. Di sisi lain, marketing bisa saja melibatkan pesan yang berbeda-beda di channel A dan channel B, karena audience di tiap channel punya karakteristik yang berbeda pula.
  6. Branding adalah pendekatan holistik yang mencakup seluruh pengalaman pelanggan. Sedangkan marketing lebih fokus pada taktik pemasaran tertentu seperti cara beriklan, public relations, atau promosi penjualan. 
  7. Branding difokuskan pada membangun reputasi produk dan perusahaan, serta hubungan yang kuat dengan konsumen. Sementara itu, marketing lebih fokus pada menjangkau dan melibatkan konsumen yang potensial melakukan pembelian. 
  8. Selain untuk menciptakan citra yang positif, branding juga ditujukan untuk menciptakan citra yang membedakan perusahaan atau produk dari pesaingnya. Di sisi lain, marketing melibatkan aktivitas yang menampilkan fitur dan manfaat unik dari suatu produk atau layanan. 
  9. Branding lebih fokus pada tujuan jangka panjang dan membangun merek yang akan mampu bertahan dalam waktu lama. Sementara itu, marketing fokusnya lebih diarahkan pada tujuan dalam jangka pendek seperti menghasilkan prospek yang potensial dan mendorong penjualan agar lebih meningkat. 
  10. Dari segi keaslian, branding suatu produk atau perusahaan harus otentik karena itulah yang membuatnya unik dibandingkan yang lain. Sedangkan dalam marketing, sah-sah saja kalau menggunakan strategi marketing yang sama, asalkan tetap ada yang khas dari apa yang kita tawarkan. 




Bisnis