Brand Activation, Manfaatnya untuk Promosi dan Cara Melakukannya

Bisnis496 Dilihat


Aktivasi merek mengacu pada acara, kampanye, dan semua interaksi yang dilakukan perusahaan untuk membuat konsumen mengambil tindakan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan brand awareness, membangun hubungan yang lebih kuat dengan target audiens dan membangun loyalitas konsumen. Mengapa brand activation penting dan bagaimana melakukannya?

Manfaat Aktivasi Merek untuk Bisnis

Saatnya untuk pemasaran digital. Dapat dikatakan bahwa sangat sulit bagi perusahaan dan merek untuk menonjol di antara begitu banyak merek dalam satu industri. Karena itu, pemasar berusaha menemukan metode yang paling efektif dan interaktif untuk audiens target untuk membuat merek lebih dikenal.

Jika Anda baru memulai bisnis, maka sangat penting untuk mengetahui audiens target Anda, tetapi mereka belum terbiasa dengan merek baru tersebut. Oleh karena itu, aktivasi merek adalah peluang besar untuk menjalin hubungan emosional dengan klien potensial. Merek menjadi lebih terkenal dan peluang mendapatkan pelanggan baru meningkat.

Bagaimana melakukan aktivasi merek

Aktivasi merek

Sumber gambar: aequorcomm.it

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan aktivasi merek untuk berbagai industri:

1. Tentukan citra merek

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan merek dan perusahaan yang ingin Anda kenal. Memposisikan merek kita pada posisi yang diinginkan dan bagaimana pelanggan potensial akan memandang merek tersebut. Sejak awal, pastikan pesan merek Anda jelas.

2. Temukan audiens yang tepat

Ini juga poin yang sangat penting. Meluncurkan produk dan menjalankan promosi tanpa mengetahui siapa merek audiens kita adalah ide yang buruk. Jadi periksa dulu calon klien tepat untuk merek Anda. Siapa yang akan tertarik dengan produk tersebut? Pertama, cari tahu demografi, minat, dan siapa sebenarnya calon konsumen dari brand kita. Sangat penting untuk menemukan pelanggan yang akan menghargai merek kita.

3. Buat Analisis SWOT

Sebelum merencanakan event dan promosi, pastikan Anda sudah mengetahui analisis SWOT brand kami (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats). DENGAN analisis SWOTkita dapat membuat promosi yang lebih efisien.

Beberapa promosi mungkin membutuhkan dana yang sangat besar. Namun di sisi lain, ada jenis promosi lain yang lebih tepat menggunakan cara lain dengan dana yang jauh lebih sedikit. Dengan SWOT, kita bisa menyesuaikan promosi di tempat yang tepat.

4. Menciptakan tata kelola yang baik

Untuk meluncurkan aktivasi merek, sangat penting untuk membentuk tim yang tepat agar implementasinya dapat dikelola dengan baik. Berikan tanggung jawab kepada orang yang tepat. Ajak semua anggota tim untuk bekerja sehingga tercipta kolaborasi yang baik untuk kepentingan brand.

Gagasan untuk aktivasi merek

Aktivasi merek

Sumber gambar: eventaa.com

Saat ini banyak kegiatan revitalisasi merek yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kualitas merek dan perusahaan. Berikut adalah beberapa ide aktivasi merek yang efektif:

1. Berikan sampel gratis

Untuk memperkenalkan produk baru, banyak perusahaan memberikan sampel gratis. Misalnya di pameran atau di pusat perbelanjaan. Anda juga dapat memberikan sampel gratis dari produk rilis pertama lainnya.

2. Buat acara interaktif

Saat menghadiri pameran dagang dan acara di mana ada peluang besar untuk bertemu pelanggan potensial, adakan acara interaktif. Juga, jadikan media sosial lebih interaktif dengan menanggapi pengikut Anda.

3. Pertimbangkan bermitra dengan merek lain

Ini bisa menjadi ide yang sangat bagus untuk membangun kesadaran merek. Ada banyak merek yang bekerja sama untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik itu produk, acara, atau kampanye. Misalnya, merek makanan dan minuman yang bekerja sama dan menawarkan kombinasi khusus.




Bisnis

Baca Juga  Strategi Equity Financing dalam Bisnis