5 Strategi Clickbait Marketing yang Menarik

Bisnis180 Dilihat


Clickbait kesannya memang konotatif, kebanyakan orang yang mendengar clickbait biasanya langsung berasumsi ke sesuatu yang dibuat-buat. Coba saja tanya ke pengguna internet, rata-rata akan berpendapat adalah suatu kalimat atau judul artikel yang berlebihan supaya menarik orang untuk klik. Tapi clickbait tidak selamanya negatif, lho. Selama didukung dengan bukti dan pernyataan yang kuat, strategi clickbait justru jadi strategi marketing yang oke!

Apa Itu Clickbait?

Clickbait adalah kalimat yang mampu menarik perhatian orang yang membacanya secara dramatis. Di era media sosial, headline harus bisa menyentuh emosi orang yang membacanya, jadi tak dapat dipungkiri clickbait itu penting. Selama digunakan dengan tepat, clickbait akan membantu marketing.

Strategi Clickbait Marketing yang Harus Dicoba

Berikut ini adalah 5 strategi clickbait yang baik dan harus dicoba untuk menarik perhatian target audience:

1. Manfaatkan Perasaan Ingin Tahu

Sumber Gambar : digitalforte.ng

Info apa yang ingin disampaikan brand yang dapat mengusik rasa ingin tahu target audience? Cobalah mulai dari hal-hal yang paling mendasar, misalnya tawaran bisnis, misi dan visi brand, dan masih banyak lagi. Hubungkan dengan hal menarik yang terkait info tersebut. Lalu, sebagai tambahan tips, angka di dalam judul membuatnya tampak lebih menarik. 

Misalnya:

  • Judul asli: Fakta Seputar Pemain Gitar Terkenal
  • Judul clickbait: 7 Fakta Seputar Pemain Gitar Terkenal yang Kamu Harus Tahu.

‘Kamu Harus Tahu’ juga bisa diganti dengan ‘Penggemar Musik Harus Tahu.’ Dengan begitu, para penggemar musik jadi lebih penasaran untuk klik, karena mereka ingin tahu apa isi artikel tersebut. 

2. Link ke Artikel Lain

Mau menjaga agar orang berkunjung lebih lama di website brand kita? Salah satu solusi paling oke adalah dengan merekomendasikan bacaan lain di halaman tersebut. Tempatkan link ke artikel lain di tengah halaman atau di akhir. 

Setelah selesai membaca 1 artikel, bukan tidak mungkin pengunjung akan klik artikel lain yang menarik perhatian mereka. Kamu bisa hubungkan link menggunakan judul clickbait maupun judul asli artikelnya. Cara ini biasanya paling bisa diandalkan untuk meningkatkan waktu visit di website. 

3. Tambahkan Humor

Sumber Gambar : helloleads.io

Selama masih cocok, marketing dan humor adalah dua hal yang sangat berdekatan. Humor hampir selalu sukses dijadikan strategi marketing, karena mudah menyentuh target audience. Mengundang tawa adalah langkah awal yang baik dalam membangun hubungan dengan pelanggan potensial dan membentuk komunitas pelanggan setia. 

4. Buat Clickbait yang Relevan

Sebisa mungkin buatlah konten yang sesuai dengan situasi terkini. Jadi clickbait pun bisa mengikuti situasi kekinian. Konten yang kekinian akan lebih menarik perhatian banyak orang. Misalnya buat kalimat clickbait yang berhubungan dengan suasana liburan atau terkait nama selebriti yang lagi trending. Topik populer sudah ada di benak audience, jadi lebih mudah menarik perhatian mereka. 

5. Hindari Clickbait yang Terlalu Berlebihan

Sumber Gambar : viralseeding.com

Clickbait memang tujuannya untuk menarik perhatian, tapi bukan berarti kita kehilangan profesionalisme dan citra brand yang baik. Berikut ini contoh clickbait yang baik dan yang berlebihan:

  • Baik: Mengejutkan! 9 Manfaat Coconut Oil Ini Wajib Kamu Tahu
  • Berlebihan: 9 Manfaat LUAR BIASA GILA Menggunakan Coconut Oil SETIAP HARI!!!

Penting sekali untuk tetap mempertahankan kesan profesional untuk menjaga brand. Sesuaikan penggunaan bahasa dengan target market, tapi tidak perlu sampai berlebihan menggunakan bahasa sehari-hari yang terdengar aneh untuk marketing.




Bisnis

Baca Juga  Metrik untuk Mengukur Pertumbuhan Bisnis